Cari Blog Ini

Jumat, 08 September 2023

Kompetisi atau Turnamen Tenis Meja?


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Tenis meja selain dapat dimainkan sebagai sarana rekreasi yang mengasikkan bagi banyak orang, juga merupakan olahraga prestasi. Prestasi dapat dicapai melalui pertandingan, dan membutuhkan perjuangan baik selama prosesnya maupun saat bertanding.

Liga dan turnamen sebuah olahraga mempunyai perbedaan merujuk dari penyelenggaraannya, yaitu terletak pada periode waktunya. Turnamen pertandingannya lebih sedikit dan tidak diakui sebagai hasil resmi. Begitu sebaliknya, liga membutuhkan periode waktu yang lebih lama.  Istilah kompetisi lebih tepat disematkan untuk liga. 

Timnas olahraga apapun dibentuk bukan dari hasil turnamen, tetapi dari seleksi pemain melalui kompetisi yang disebut liga.

MungkinkahLiga Tenis Meja diaplikasikan pada suatu klub atau PTM?

Untuk menentukan pemain yang akan bergabung sebagai "timnas" atau tim inti klub, akan lebih mudah dengan adanya kompetisi atau Liga Internal.

Barometernya adalah penampilan seorang pemain selama berkompetisi di liga internal tersebut. Semua dinilai, dari segi peringkat, mental, attitude dll sesuai kebutuhan klub, karena kekuatan klub tenis meja dapat dilihat dari keberadaan kompetisi internalnya dan tim inti dari klub yang bersangkutan.

Kompetisi internal dilakukan secara setengah kompetisi, dimana setiap pemain saling bertemu. Hasil pertandingan akan diakumulasi sebagai hasil akhir dari sebuah kompetisi. 

Untuk tingkat klub, standar pertandingannya disesuaikan dengan jumlah anggotanya selama satu musim. Kurun waktunya bisa satu sampai tiga bulan, bahkan jika anggotanya banyak bisa sampai enam bulan.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/kompetisi-tenis-meja-sebagai-barometer.html?m=1

Agenda seperti ini sangat membantu klub dalam meningkatkan mental bertanding bagi anggotanya. Jika kita ingin bersaing dengan klub-klub lain, kita harus ada di level itu.


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar