Cari Blog Ini

Jumat, 15 September 2023

Cara Bermain TenisMeja dengan Tubuh Relax, Meledak dan Relax lagi

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Bermain tenis meja membutuhkan konsentrasi berpikir untuk memukul ataupun mengantisipasi bola. Salah antisipasi akan mengakibatkan bola melenting ke arah yang tidak kita inginkan. Hal ini yang menjadikan sebagian pemain merasa tegang selama permainan. Padahal, pukulan tidak akurat lebih banyak akibat dari tangan kita yang tegang dalam menggenggam bet / blade.

Perlu diketahui, tenis meja tidak dapat dimainkan dengan baik jika kita tegang. Rileks, Meledak (pada saat memukul) dan Rileks lagi adalah cara yang benar dalam bermain tenis meja.

Penurunan feeling (rasa), speed, dan tidak bergerak dengan cepat adalah efek dari kita terlalu tegang saat bermain. 

Biarkan tubuh kita rileks setelah memukul bola di setiap situasi. Atau dengan pemahaman RIleks, Meledak dan Rileks lagi. Semua diawali dari genggaman tangan kita pada bet. Pegangan kita haruslah longgar, ini syarat agar tidak tegang dalam bermain. 

Atau dapat kita analogikan dan bayangkan bahwa genggaman kita pada bet  sama seperti kita sedang memegang burung kecil dengan satu tangan. Jika kita memegangnya terlalu erat, betul burung kecil itu tidak lepas, tetapi burung itu malah akan terluka atau bahkan mati. Untuk lebih aman sebaiknya longgarkan genggaman tetapi dijaga agar burung juga tidak terluka dan tidak terlepas.

Begitu juga saat kita menggenggam bet, jika terlalu erat akan menyulitkan pergerakan. "Jangan memegang bet dengan telapak tangan", karena pada hakikatnya perasaan berasal dari jari-jari terutama jari telunjuk dan ibu jari, bukan dari telapak tangan dan atau tiga jari yang lainnya.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/04/pemula-wajib-tahu-teknik-memegang-bet.html?m=1

Kemudian optimalkan siku untuk memutar lebih banyak dan 'menyikat' bola. Belajar agar pergelangan tangan tetap rileks akan mendapatkan akselerasi dan putaran bola secara ekstra.

Kita sering melihat penampilan pemain top, mereka bermain dengan santai dengan teknik santai, dan badannya cenderung condong ke depan dengan menundukkan bahunya. Sikap itulah yang seharusnya diterapkan ketika bermain tenis meja, kesiapan gerak refleks akan lebih terjaga. Sekali lagi, berusahalah berlatih dengan sikap relax, kemudian meledak saat memukul bola dan relax kembali. Biasakan selalu sikap seperti ini saat berlatih agar terbiasa juga ketika bermain atau bertanding.


Semangat sehat dan salam 🏓





Tidak ada komentar:

Posting Komentar