Cari Blog Ini

Selasa, 05 September 2023

Waspadai Gejala Serangan Jantung Saat Bermain Tenis Meja


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Selain olah pikir dan olah rasa, tenis meja juga  merupakan olahraga fisik. Jika dilakukan secara rutin, olahraga tenis meja banyak mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, tenis meja juga bisa melatih kesehatan mental, salah satunya untuk mengontrol stres.

Seperti kita ketahui, tenis meja membutuhkan stamina dan fisik bagus untuk mendukung permainan secara optimal. Aktivitas fisik seperti bermain tenis meja selain diperlukan untuk mengatur tekanan dan kadar kolesterol, juga sangat baik untuk menghambat perkembangan penyakit kardiovaskular. 

Sebaiknya berlatih tenis meja dilakukan secara rutin agar kondisi tubuh beradaptasi  dengan ritme maupun gerakan bermain. Jika belum terbiasa atau belum pernah berolahraga berat, ada baiknya melakukan cek kesehatan terlebih dahulu. Bermain tenis meja bagi penghobi yang utama adalah untuk kesehatan, jangan malah justru bisa memicu masalah pada jantung. 

Serangan jantung umumnya disebabkan karena jantung koroner, dimana pasokan darah ke jantung terhambat total dan membuat sel-sel otot jantung menjadi rusak. Kondisi darurat ini biasanya muncul dengan gejala nyeri dada, sesak nafas, dan keringat dingin.

Jika kita mengalami hal terburuk memiliki masalah jantung, jangan menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Karena olahraga yang dilakukan dengan tepat menurut dokter malah bisa menurunkan resiko kematian mendadak saat berolahraga, termasuk saat bermain tenis meja. Kenapa begitu? Karena tubuh kita sudah terbiasa untuk beradaptasi dengan peningkatan aktivitas tubuh.  

Berkonsultasi dengan dokter menjadi hal yang penting untuk mengetahui tingkat keparahan penyakit jantung yang akan menjadi dasar analisis terhadap berat ringannya olahraga yang dapat dilakukan. Dan pasti, kita tentu tidak diperbolehkan untuk melakukan kegiatan olahraga yang terlalu berat, terutama jika sudah dipasang alat bantu berupa ring jantung.  

Jika kita memiliki faktor resiko penyakit jantung dan tidak rutin berlatih sebelumnya, kita harus memberikan perhatian lebih pada beberapa tanda bahaya yang mungkin terjadi sebelum ataupun sesaat berolahraga.

Seseorang mengalami gangguan fungsi jantung biasanya merasakan nyeri pada bagian dada sebagai keluhan yang paling sering dirasakan. Bahkan hingga terasa seperti diremas atau ditekan di bagian tengah dada atau dada bagian kiri.

Selain dada nyeri, kesulitan mengambil napas atau sulit bernapas juga merupakan pemicu terjadinya serangan jantung. Dalam keadaan seperti ini, sebaiknya waspada dan segera menghentikan aktivitas.

Jantung berdebar dan berdegup kencang juga menjadi tanda bahwa jantung sedang tidak baik-baik saja.

Pandangan mata terasa gelap hingga menyebabkan pingsan juga tak boleh diabaikan. Hal ini akibat jumlah darah yang bersirkulasi ke otak berkurang.

Berkeringat saat berlatih tenis meja adalah hal yang wajar terjadi. Tetapi jika berkeringat dingin harus diwaspadai, karena dapat menjadi alarm sesuatu yang tidak normal sedang terjadi di jantung kita. Dapat juga disertai rasa mual yang merupakan tanda dari serangan jantung.

Rasa nyeri pada otot bagian tubuh lain seperti lengan atas, punggung, leher, rahang bawah atau perut juga harus menjadi perhatian sebagai gangguan jantung saat bermain tenis meja.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/06/tenis-meja-menjadi-salah-satu-olahraga.html?m=1

Gejala-gejala tersebut di atas merupakan alarm jika jantung sedang mengalami gangguan. Jika salah satu tanda itu terjadi,  segera berhenti bermain atau beristirahat. Segera lakukan penanganan darurat jika kondisi semakin parah dan tidak sembuh setelah beristirahat. 

Kenali signal tubuh kita agar kita melakukan latihan tetap dalam kondisi aman dan nyaman.


Semangat sehat dan salam 🏓

2 komentar:

  1. Kami menyediakan jasa sewa meja pingpong untuk acara pesta, acara kantor, acara pameran, shooting, dll

    Sewa Rp 200rb/ hari
    minimal sewa selama 6 hari (paket meja + net)

    utk paket perlengkapan berupa 4 bet dan 6 bola
    harga sewa Rp 100rb/hari

    Melayani Khusus wilayah Jabodetabek dan sekitarnya


    Nama Perusahaan : PRO 2000
    Nomer Telpon: 021-7330767 / 081322800999 / 08569833381 (call-sms-whatsapp)
    Nomer Faks: 021-7330767
    Alamat: jl KH Wahid Hasyim Rt 004 Rw 04 no 85 B. Kel. Cipadu Jaya Kec. Ciledug - Tangerang 15155 ( masuk dari jl H. Rozak +/- 20 meter - Dekat pasar Bahan Cipadu )

    Website: www.tenismejapingpong-cod.com

    BalasHapus